PENGANTAR BIOSISTEMATIK : Teori dan Praktek

Hari-PotoSaat ini dunia telah dihadapkan pada masalah ancaman krisis keanekaragaman hayati (KH) dan sebagian besar KH berada di negara tropis termasuk Indonesia. Disisi lain, informasi tentang KH di Indonesia baik secara kualitas dan kwantitas masih sangat sedikit. Lambatnya penggalian informasi KH sangat mengkhawatirkan bukan hanya adanya spesies hayati sudah punah sebelum dikenali, tetapi juga kehilangan kesempatan untuk memanfaatkannya.

Kurangnya informasi KH yang diperlukan untuk tujuan konservasi dan pemanfaatan ditengarai dengan kurangnya ahli taksonomi untuk memberikan informasi KH dan potensinya di negeri ini. Untuk mengantisipasi krisis informasi tersebut, pemahaman dan pembelajaran taksonomi diperlukan, tidak hanya kualitas tetapi juga jumlah ahli taksonomi perlu ditingkatkan. Oleh karena itu buku ini diterbitkan untuk memberikan kontribusi terhadap penambahan jumlah dan kualitas SDM dibidang taksonomi.
Buku panduan ini ditujukan untuk para biologiwan khususnya para mahasiswa dan peneliti biologi yang tertarik dan baru mulai belajar tentang taksonomi dan sistematik. Dalam buku ini diawali dengan penjelasan secara ringkas tentang praktek-praktek taksonomi seperti bagaimana memilih taksa yang ingin dipelajari, tahapan-tahapan pekerjaan untuk belajar sistematik, cara koleksi taksa dan perawatannya sampai menghasilkan kunci identifikasi.

Setelah itu akan diberikan pendahuluan tentang perkembangan sistematik termasuk sistem klasifikasi organisme dengan teknik kladistik, memahami penggunaan karakter homologi dan homoplasi dan pendekatan lainnya pada beberapa dekade terakhir. Teknik dan aplikasi filogeni juga diberikan mulai dari penentuan karakter morfologi sampai menghasilkan kladogram (cladogram) atau pohon filogeni (phylogenetic tree ). Teknik molekular sistematik yang sekarang sedang berkembang dalam mengungkap klasifikasi hingga identifikasi akan dibahas, demikian juga teknik barkoding (barcoding) untuk identifikasi akan diberikan secara ringkas tetapi bisa menjawab pertanyaan yang diperlukan.

cover-hari

This entry was posted in Buku Baru. Bookmark the permalink.

Leave a comment